Membuat Efek Bending The Landscape (Melipat Lanskap) dengan Photoshop

, , 2 comments
Jika kamu pernah menonton trailer film Doctor Strange yang akan dirilis akhir tahun 2016 ini, maka kamu akan sempat melihat landscape perkotaan yang seolah terlipat dan memiliki sudut ekstrim yang tidak nyata. Berikut contohnya.

Karya desainer grafis Indonesia, Jati Putra, juga sempat viral di Instagram dengan karyanya yang serupa.
Nah pada tutorial ini, saya akan membagikan cara membuat efek surreal yang serupa dengan efek yang kamu lihat diatas. Ada banyak cara untuk membuat efek seperti itu. Nah saya akan membagikan salah satu caranya yang sangat sederhana namun menyenangkan. Mari kita coba.

Persiapan

Sebelum memulai tutorial, siapkan dulu stok foto landscape yang akan kita pakai. Tutorial ini menggunakan stok foto dari Unsplash. DOWNLOAD.

Langkah 1 – Buka Foto di Photoshop 

Buka foto landscape di Photoshop.

Langkah 2 – Ubah Layer Background menjadi Layer 0

Klik 2x layer Background. Muncul dialog. Tekan OK untuk mengubah layer Background menjadi layer 0. Hal ini dilakukan untuk mempermudah editing selanjutnya.

Langkah 3 – Seleksi Langit

Pilih Magic Wand tol (W). Aktifkan mode “Add to selection” dan gunakan nilai Tolerance 50.
Dengan Magic Wand tool, klik bagian langit untuk menseleksinya.

Langkah 4 -  Paste langit di layer baru

Cut (Ctrl+X) langit tersebut kemudian tekan Ctrl+Shift+V untuk melakukan Paste in Place supaya hasil paste-nya tepat di posisi sebelum di Cut. "Layer 1" dengan objek langit otomatis muncul di panel Layers.

Silakan namai layer tersebut (klik 2x nama Layer 1) menjadi Langit. Demikian pula namai ulang layer 0 menjadi “Laut”

Langkah 5 – Buat Shape Sesuai Ukuran Laut

Klik Shape Tool. Pastikan mode-nya “Shape”(no. 2 pada gambar), path operation-nya “New Layer”(no. 3). Warna Shape tidak terlalu penting karena tidak berpengaruh pada hasil akhir. Jika sudah di setting sedemikian rupa, klik layer “Laut”.

Dengan Shape tool tadi, buatlah sebuah kotak yang menutupi permukaan laut di depan perahu seperti pada contoh di bawah. Layer baru dengan nama “Rectangle 1” otomatis akan muncul. Kita akan menentukan ukuran laut yang akan kita tekuk. (Wuidih gila, bahasa alien!)

Langkah 6 – Convert kotak menjadi Smart Object

Kita akan memanfaatkan fitur Smart Object di Adobe Photoshop untuk fleksibilitas editing kemiringan lautnya nanti.
Ubahlah layer “Rectangle 1” menjadi Smart Object. Caranya klik kanan nama layer tersebut kemudian pilih “Convert to Smart Object”
Jika kamu perhatikan bentuk layer Rectangle 1 pada panel Layers sudah berubah dengan adanya icon Smart Object di pojok kanannya.

Fungsi layer Smart Object ini boleh dibilang  seperti sebuah file PSD dalam bentuk satu layer. Untuk mengeditnya, tinggal klik 2x dan akan muncul jendela baru yang berisikan layer-layer di dalam Smart Object.

Langkah 7 – Membuat Perspektif

Sekarang jadikan  kotak Smart Object tersebut menjadi acuan lekukan lautnya.
Pastikan layer Rectangle 1 aktif. Kemudian pilih menu Edit> Transform> Skew.
Tarik sisi bawahnya ke kiri (sekitar 45 derajat) untuk memiringkan kotak tersebut. Tekan Enter.

Sekarang pilih menu Edit> Transform> Distort. Tarik Titik tengah di sisi kanan. Ke arah bawah seperti contoh. Nah bentuk tersebut akan menjadi tempat air laut yang akan kita lekukkan. Tekan Enter untuk menghilangkan kotak Transform tool.

TIPS: Jika kamu kesulitan untuk menarik Titik tersebut melewati kanvas/dokumen, sebelum memulai langkah Edit> Transform> Distort, tekan F (bisa 1x atau 2x) untuk mengubah tampilan Photoshop menjadi full screen untuk menmbah ruang ekstra di bawah kanvas/dokumen.
Geser sedikit kotak tersebut ke kanan untuk memberi ruang perahu tersebut.


Langkah 8 – Edit Smart Object

Kita akan mengcopy layer lautan ke Smart Object. Klik layer Laut (1). Aktifkan Rectangle Selection Tool (2). Pastikan mode seleksinya “Add to selection” (3). Kemudian seleksi seluruh permukaan laut (4).
Copy (Ctrl+C) seleksi laut tersebut. Kemudian tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksinya.
Klik 2x layer “Rectangle 1” untuk membuka dan mengedit layer Smart Object.

Jendela dokumen Photoshop baru akan muncul dengan layer polos yang kamu buat di Langkah 5. Langsung Paste (Ctrl+V) permukaan laut yang kamu copy sebelumnya. Silakan posisikan sesuai keinginan tanpa memperlihatkan perahunya. Lihat contoh di bawah.

Simpanlah dokumen baru ini (Ctrl+S) dan kemudian tutup jendela dokumen (Ctrl+W) untuk kembali ke dokumen awal atau dokumen utama yang kita kerjakan. Lihatlah hasilnya! Laut mulai tertekuk 90 derajat. Haha.

Kamu bisa edit posisi laut yang tertekuk tersebut dengan kembali mengklik 2x layer smart object “Rectangle 1”. Geser posisi laut sesuai keinginan. Kemudian simpan, tutup dokumen smart object dan lihat hasilnya.

Langkah 9 – Hapus permukaan laut yang tidak diperlukan

Klik layer “Laut” (1). Dengan Rectangle Selection Tool (2), seleksi bagian permukaan air laut di sebelah kanan yang tidak kita perlukan (3).

Tekan Delete untuk menghapus bagian tersebut. Kemudian tekan Ctrl + D untuk menghilangkan seleksinya.

Langkah 10 – Mengedit langit

Level editing kita saat ini memang  tingkat dewa ya, tadi edit laut sekarang kita edit langit. Hehe.
Klik layer “Langit”, posisikan paling bawah pada panel Layers.
Kita akan menambah warna langit. Buatlah layer baru (Layer> New> Layer) dengan nama bebas.
Klik Brush tool (1). Klik kanan pada dokumen, pilih jenis Bush yang soft round (2). Pastikan setting Brush dalam mode Normal, Opacity dan Flow 100% (2b). Walaupun demikian, untuk nilai Opacity dan Flow nantinya bisa juga kamu variasikan untuk mempermudah menyatukan warna kuas dengan latar di layer langit.

Kita perlu warna yang sama dengan warna langit untuk menambah ruang langit di sebelah kanan tersebut. Klik Eyedropper tool (3), kemudian klik warna langit paling bawah (4), sehingga warna Foreground terisi dengan warna biru pucat tersebut (5).
Saatnya goreskan brush tersebut ke layer baru yang kita buat sebelumnya untuk mengisi langit yang kosong.

Jika warna brush-nya kurang memuaskan, tinggal ganti saja dengan mengklik Foreground Color dan gunakan yang lebih sesuai. Dalam kasus ini, saya menggunakan brush warna yang lebih cerah.

Langkah 11 – Sedikit sentuhan Dodge

Lekukan laut terlihat kurang natural. Kamu bisa lakukan sedikit trik kecil dengan memberikan cahaya tambahan untuk membuat lekukan terlihat lebih menyatu.
Buatlah layer baru (New> Layer> New). Beri nama Dodge/Burn, ubah mode-nya menjadi Overlay dan aktifkan “Fill with Overlay-neutral Colo (50% Gray). Tekan OK.

Layer baru dengan nama Dodge/Burn akan muncul di panel Layer. Pastikan posisinya berada di paling atas layer.

Sekarang klik tool Dodge (1), pastikan settingnya dalam range Midtones dengan nilai Exposure sekitar 35%.

Goreskan Dodge tool tersebut di area lekukan laut tersebut untuk meningkatkan kecerahan lautnya. Lihat seperti contoh.

Langkah 12 – Silakan lakukan editing tambahan

Voila. Silakan di crop dan diberi tone tambahan sesuai seleramu. Selesai! Mudah membuatnya bukan?

Selanjutnya saya akan membagikan cara lain untuk membuat efek diatas dan membuat sudut lekuk yang berbeda pada tutorial selanjutnya.


Sampai jumpa!



2 comments:

  1. Rumit Jg Gan y... banyak tahapanya...
    ...Tapi jadi kepikiran buat mockup template Undangan lipat 2 dan lipat 3 dsb.. Bisa brarti Gan y

    ReplyDelete